PERBANDINGAN ANTARA SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SINGAPURA
adalah suatu hal yang penting dalam sebuah kehidupan berbangsa. Pendidikan merupakan tempat yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini telah menjadikan pendidikan sebagai bagian terpenting untuk keberlangsungan, perkembangan dan kemajuan suatu negara.
Dilihat dari kenyataan yang ada, masih banyak terdapat beberapa permasalahan yang terjadi dalam penerapan didalam pendidikan itu sendiri. Indonesia menduduki peringkat ke 10 dari 14 negara berkembang di kawasan Asia Pasifik. Pemeringkatan ini diambil dari laporan pemantauan global yang diterbitkan oleh organisasi PBB UNESCO.
Singapura merupakan salah satu negara yang mengalami kemajuan dalam bidang pendidikan. Hasil 2009 Times Higher Education-QS World University Rankings menemukan beberapa universitas di Singapura masuk dalam 200 universitas terbaik di dunia. Universitas tersebut adalah Seapor National University (urutan ke-30) dan Nanyang Technological University (peringkat ke-73). Dari Asia Tenggara, hanya Singapura yang termasuk dalam 200 universitas terbaik di dunia.
Definisi pendidikan komparatif, menurut Carter V. Good, adalah bidang studi yang tujuannya untuk membandingkan teori dan praktik pedagogik di berbagai negara pendidikan di luar negeri. Definisi ini mengacu pada aspek fungsional pendidikan di suatu negara atau masyarakat. Ketika membuat analisis komparatif sistem pendidikan suatu di negara, tidak boleh mengabaikan dimensi waktu, konteks atau faktor lainnya.
Dalam pengertian dasar, pedagogi komparatif berarti menganalisis dua hal atau lebih untuk menemukan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan. Oleh karena itu, studi banding pendidikan ini menganalisis beberapa aspek yang ada di didalam sistem pendidikan, mempelajarinya secara mendalam, serta mengidentifikasi persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada di sistem pendidikan.
Tujuan dari pedagogi komparatif adalah untuk mengetahui seberapa jauh perbedaan kekuatan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan pasti memiliki perbedaan sistem pendidikan di setiap negara didunia, pasti memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda. Dengan kata lain, ada beberapa negara yang memiliki, kekuatan agama sebagai faktor pendorong utama dan dasar pembentukan pada sistem pendidikan, sementara di negara lain faktor sosial menjadi dasar pada sistem pendidikan. setiap negara dapat membentuk sistem pendidikannya dengan berfokus pada aspek sosial-ekonomi, sosial-demografis, dan sosial-budaya.